PKBSI Anggap Wajar Beruang Makan Kotoran Sendiri

Minggu, 22 Januari 2017 - 03:30 WIB
PKBSI Anggap Wajar Beruang Makan Kotoran Sendiri
PKBSI Anggap Wajar Beruang Makan Kotoran Sendiri
A A A
BANDUNG - Perilaku Kardit, beruang kurus koleksi Kebun Binatang Bandung (KBB), yang memakan kotoran sendiri dianggap sebagai hal yang wajar oleh Sekjen Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) Tony Sumampouw.

"Untuk beberapa spesies, jangan bilang beruang, anjing pun begitu. Wajar ada yang bersifat demikian (memakan kotorannya sendiri), ada yang memang dia butuh sesuatu dari kotoran itu, ada manfaatnya," kata Tony di Kebun Binatang Bandung, Sabtu (21/1/2017).

Sementara itu, Kepala Investigasi Yayasan Scorpion Indonesia Marison Guciano berbeda pandangan soal perilaku beruang memakan kotorannya sendiri. "Itu kan kata Pak Sekjen (Tony Sumampaow). Ada penelitian dari pihak yang berkredibilitas, bahwa hal itu tidak normal," jelas Marison.

Dia menjelaskan, informasi tidak normalnya perilaku Kardit itu didapat dari ahli beruang Gabriela Fredrikson. Dasar itu yang membuatnya yakin bahwa Kardit berperilaku tidak normal. Bahkan Yayasan Scorpion Indonesia berani mengambil kesimpulan itu bukan hal wajar.

“Apalagi dari segi fisik Kardit terlihat kurus. Perilaku Kardit pun seolah menunjukkan kelaparan karena sering berdiri memberi isyarat meminta makanan pada pengunjung,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0649 seconds (0.1#10.140)